Waspadai Penggunaan Kartu Kredit Anda

Resiko Penggunaan Kartu Kredit

Memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa terlibat pada utang tidak pernah menjadi ide yang baik. Namun banyak orang yang berpendapat bahwa memiliki kartu kredit bisa sangat berguna. Jika Anda mengelola kartu kredit Anda dengan benar, maka tidak ada alasan untuk ragu mendapatkan kartu tersebut dari perusahaan tertentu. Namun, ada beberapa risiko yang Anda harus waspadai guna sadar untuk menggunakan kartu Anda secara efektif.Karena alasan tersebutlah, diperlukan edukasi positif kartukredit. Risiko terbesar dalam penggunaan kartu kredit adalah mengenai bagaimana orang sering tertipu oleh tingkat suku bunga. Beberapa orang sering menggunakan kartu kredit yang mana tanpa pernah berpikir tentang suku bunga yang menyertai kartu tersebut. Ini tentu akan menjadi sebuah hal yang bermasalah dalam segi finansial nantinya.

Lebih Jauh Tentang Resiko Kartu Kredit

Berapa banyak pun nominal yang Anda habiskan pada kartu Anda jelas harus dibayar kembali kedepannya.   Namun, Anda tidak hanya akan membayar kembali jumlah yang Anda gunakan akan tetapi juga Anda juga harus membayar beserta bunga yang tertera. Beberapa kartu memiliki tingkat suku bunga yang sangat tinggi bahkan ada pula yang menggunakan sekitar 30% tingkat suku bunga. Ini berarti bahwa Anda akan membayar 30% bunga dari setiap jumlah pembelian. Karena itulah orang sering bermasalah dalam hal finansial dikarenakan mendapatkan tingkat suku bunga yang amat tinggi sehingga  belanja hemat dengan kartu kredit sedikit beresiko.


Terlebih lagi, ini berarti ketika Anda membayar kembali kartu kredit dengan pembayaran bulanan Anda akan terlibat pada jumlah hutang yang lebih tinggi nantinya. Dalam membayar angsuran tiap bulan, kebanyakan orang hanya akan mampu menutupi pembayaran bunga saja bukan dari jumlah hutang dasar. Anda juga harus berhati-hati jika Anda menggunakan kartu transfer saldo. Sebagian besar perusahaan menawarkan pilihan bunga 0% pada transfer saldo. Ini berarti Anda dapat memindahkan jumlah hutang kartu kredit dari satu kartu ke yang lain dan tidak membayar bunga atas saldo tersebut.  Namun bunga 0 % hanya dapat berlaku untuk transfer saldo dan bukan pada pembelian baru. Setiap pembelian baru atau solusi belanjahemat akan dikenakan tingkat bunga standar kartu tersebut.

0 comments:

Post a Comment