Mengenal Transfer Balance Kartu Kredit

Transfer balance adalah salah satu fitur layanan dari kartu kredit yang bisa kamu manfaatkan. Keuntungannya, transfer balance memiliki suku bunga yang rendah. Tak hanya itu, bentuk cicilanpun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. 
Biasanya, transfer balance digunakan untuk membayar tagihan pada satu kartu. Setelah itu, si pemilik kartu akan membayar dengan cara mencicil kepada bank yang membayar tagihan lama. Sistem transfer balance banyak dimanfaatkan oleh banyak orang.

Terlebih lagi apabila orang tersebut memiliki tagihan yang sangat besar. Sementara hutang tidak akan selesai jika dicicil dengan pembayaran yang minimum. Alhasil, transfer balance dipilih sebagai solusinya.
Untuk mendapatkan layanan ini, pihak perbankan akan memberikan formulir untuk diisi oleh si pemilik kartu kemudian dalam beberapa waktu akan dilakukan verifikasi sehingga diputuskan apakah layak menerima atau tidak. 
Dengan menggunakan transfer balance, kamu akan memperoleh banyak keuntungan. Salah satu keuntungan tersebut adalah tagihan pada kartu kredit lama akan lunas dan berpindah pada layanan lain di satu bank baru dengan fasilitas cicilan yang memiliki bunga rendah. 
Tidak hanya itu, pemilik kartu tersebut juga akan bebas dari sistem bunga berbunga yang dapat mencekik leher. Mengapa bisa begitu? Karena sistem ini akan terus menggeroti pembayaran yang sudah dilakukan.

Sayangnya, fasilitas transfer balance kartu kredit tidak tersedia di semua bank. Biasanya, bank penerbit kartu yang menawarkan umumnya dari pihak bank asing karena mereka masih memegang peranan yang cukup besar dalam menciptakan sistem ini. 
Seperti yang kita ketahui bersama, dibandingkan dengan bunga pada pinjaman lain seperti home loan, car loan maupun KTA jelas bahwa suku bunga pada kartu kredit biasanya lebih tinggi. Maka tidak heran, begitu transfer balance diperkenalkan di pasaran, banyak masyarakat yang berbondong-bondong memanfaatkan layanan tersebut guna terhindar dari tingginya suku bunga yang ada. 
Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan layanan ini, pastikan kamu bisa menghitung jarak kemampuan kamu dalam melakukan pembayaran. Jangan menghitung secara terburu-buru karena biasanya pihak perbankan akan menetapkan jangka waktu tertentu sekitar 1 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan dimana suku bunga yang ditawarkan mengikuti jarak pelunasan yang dipilih.

0 comments:

Post a Comment