Tips Mengantisipasi Tunggakan Kartu Kredit

Apabila kamu menggunakan kartu kredit secara berlebihan dan tidak dibarengi dengan kemampuan pembayaran, hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kredit macet. Tagihan yang kamu terima akan semakin membengkak jika dibiarkan berlarut-larut sehingga bisa mengakibatkan tidak aktifnya kartu kredit yang kamu miliki. 
Parahnya lagi, kamu akan mendapatkan terror yang kurang menyenangkan dari debt collector karena mereka akan terus mendatangi kamu untuk menagih hutang atau tunggakan kamu.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya apabila kamu melakukan beberapa tindakan pencegahan. Misalnya dengan memperhitungkan besaran dana yang dapat digunakan dari kartu kredit tersebut. Selain itu, kamu jiga harus menjadi orang yang tidak mudah tergiur dengan segala promosi yang ditawarkan. 
Tentunya, hal ini akan membuat kamu menjadi orang yang tidak memiliki sifat konsumtif. Namun, apabila kamu sudah memiliki tunggakan pada kartu kredit, maka kamu tidak perlu kesal ataupun panik. Masih ada banyak solusi yang bisa kamu pilih untuk kamu jadikan sebagai jalan keluar. Tapi, kamu juga harus aktif mencari informasi agar kamu dapat melakukan langkah yang tepat sedini mungkin. Mengapa harus sedini mungkin? Karena bunga bank tetap berjalan setiap bulannya.
Jangan menggunakan kartu kredit unuk tagihan bulanan seperti tagihan air, listrik ataupun telepon agar restrukturisasi dapat dilakukan dengan cermat tanpa harus dibebani dengan tagihan baru.
Lakukan negoisasi dengan pihak perbankan agar kamu bisa mendapatkan bunga yang rendah dalam tagihan kamu. Biasanya, transfer balance adalah program yang akan ditawarkan oleh pihak bank karena cicilannya yang ringan dan bunga yang cukup rendah. Sehingga perlahan tapi pasti, tagihan akan berkurang tanpa harus memiliki reputasi yang buruk di mata perbankan.
Langkah yang terakhir dalam mengantisipasi tunggakan kartu kredit adalah dengan membayar di atas jumlah minimum yang disarankan hingga 50% lebih. Hal tersebut harus kamu lakukan agar bunga yang sifatnya mencekik ini tidak menggerogoti jumlah pembayaran yang pernah dilakukan. Meskipun terlihat sangat berat namun jika dibarengi dengan tekad yang kuat dipastikan tunggakan ini akan selesai pada waktunya.

0 comments:

Post a Comment