Solusi Hemat dengan Kartu Kredit

Alasan utama sebagian orang menggunakan lebih dari satu kartu kredit adalah karena kepraktisan dan kemudahannya. Tak hanya memudahkan saat berbelanja, kartu kredit juga bermanfaat saat anda membayar tagihan hotel ketika sedang ke luar negeri
Kartu kredit menjadi bermasalah ketika anda tak punya kontrol diri dalam menggunakannya. Sebelum memiliki kartu kredit, penting untuk memahami bagaimana menggunakannya dengan cerdas.
Kartu kredit adalah salah satu bentuk rekening pinjaman yang dapat digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang ditentukan. Dalam rekening pinjaman, peminjam telah ditentukan batas maksimal yang dapat digunakan dan dapat menggunakan dana tersebut terus-menerus asalkan tidak mencapai batas maksimal. 

Setiap kali pelunasan hutang dari pinjaman akan mengurangi balance di rekening. Hal ini berarti dana yang dapat dipakai juga meningkat. Pengguna kartu kredit adalah peminjam. Pastikan anda memiliki self control yang kuat agar bijak menggunakan pinjaman, bagaimanapun kartu kredit adalah utang. Ada beberapa solusi agar bisa berhemat dalam menggunakan kartu kredit:
  • Simpan kartu kredit untuk pembayaran dengan sistem cicilan. Jangan terjebak untuk selalu mengandalkan pembayaran melalui kartu kredit kalau anda hanya bisa membayar pinjaman dengan cicilan.
  • Jangan membeli kebutuhan sehari-hari melalui kartu kredit karena anda akan kecanduan dan terjebak dengan utang konsumtif. Bayarlah tunai untuk kebutuhan dasar harian, dan simpan kartu kredit anda di rumah.
  • Bayarlah tagihan anda sebelum jatuh tempo untuk menghindari bunga.
  • Bayarlah tagihan anda sebesar jumlah belanjaan. Jika tak sanggup, kontrol diri untuk tidak melulu belanja dengan kartu kredit.
  • Jangan belanja yang tak perlu.
  • Pilih kartu kredit dengan bunga terendah. Banyak kebutuhan yang bisa dibayar dengan kartu kredit. Agar penggunaannya semakin maksimal, carilah kartu kredit dengan bunga atau beban paling ringan atau bahkan cicilan bunga nol persen.
  • Pilih asuransi berbiaya hemat namun tetap memiliki perlindungan yang maksimal. Carilah yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan anda, namun tetap bisa memberikan perlindungan maksimal.
  • Usahakan berhemat sedikit demi sedikit, karena kebiasaan ini lama kelamaan bisa membantu keuangan anda secara nyata.
  • Cari pinjaman yang meringankan, misalnya utang ke keluarga atau relasi terdekat yang tak membebani anda dengan bunga.


Pada intinya, agar keuangan selalu sehat, maksimalkan penggunaannya dengan bijak. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

0 comments:

Post a Comment