Tips Berbelanja Online Dengan Kartu Kredit

Saat ini, begitu marak situs-situs di dunia online yang bisa kamu guakan untuk berbelanja. Melalui internet, belanja jadi lebih mengasyikkan. Apalagi dengan adanya berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh berbagai macam toko online. 
Dengan begitu, semua barang yang kamu perlukan bisa langsung kamu dapatkan tanpa perlu pergi jauh-jauh dan keluar dari rumah. Namun, terkait kartu kredit yang kamu gunakan untuk pembayaran barang yang kamu beli, biasanya terdapat resikonya. 

Seperti fakta sebelumnya yang mencuri dan menjual kembali 170 juta nomor kartu kredit yaitu Albert Gonzales. Karena kejahatannya, ia terkena hukuman penjara selama 20 tahun. Bukan tidak mungkin kalau di dunia maya masih ada bahkan banyak pencuri kartu kredit seperti dia. 
Namun, kamu tidak perlu khawatir karena David Perry dari Trend Micro telah memberikan tips-tips berikut ini agar kamu bisa membentengi diri dari penipuan kartu kredit dan pencurian identitas.
Jangan mengumbar nomor kartu kredit
Salah satu tindakan yang berbahaya adalah mengetikkan nomor kartu kredit secara manual di situs e-commerce. Akan lebih baik jika kamu menggunakan PayPal atau Amazon yang akan menyimpan nomor kamu dan mencegah nomor tersebut disimpan oleh retailer yang tidak semuanya bisa dipercaya.
Gunakan software keamanan
Software anti virus dan pelindung malware wajib kamu aktifkan pada komputer kamu. Ingat, jangan menginstal program anti virus dari perusahaan pesaing pada komputer yang sama, karena akan memperlambat sistem.
Pastikan komputer tidak terinfeksi program berbahaya
Keylogger adalah salah satu taktik yang dipakai penipu dunia maya. Dengan menginstalnya, mereka akan merekam setiap keystroke pada komputer, termasuk menscan rekaman nomor kartu kredit yang kamu input pada website. Solusinya, gunakan software anti virus agar terhindar dari malware.
Hati-hati saat Mengunjungi Situs
Jangan mudah tergoda mengklik link situs yang berasal dari email yang tidak dikenal. Lebih baik jika membeli produk langsung ke toko/suppliernya. Atau jika ragu, kamu bisa memesan melalui telepon.

0 comments:

Post a Comment