Cara Menyiasati Penggunaan Kartu Kredit


Seseorang yang telah berpenghasilan lumayan dan tetap, pastinya memiliki keinginan untuk apply kartu kredit. Tidak hanya termasuk ke dalam gaya hidup modern, memiliki kartu kredit juga merupakan cara membawa alat bayar yang aman, praktis dan juga bisa berlaku dimana saja sehingga alat bayar ini sangat berguna saat emergency. Namun sayangnya, memiliki kartu kredit sering kali membuat seseorang lupa diri. Sebagian orang menggunakan kartu kreditnya tanpa perencanaan yang baik; asal membeli segala sesuatu tanpa memikirkan cara membayar tagihannya. Alhasil, penghasilan yang mereka dapatkan setiap bulan bisa habis hanya untuk mencicil tagihan kartu kredit yang membengkak.

Limit Ideal untuk Setiap Kartu Kredit 

Apply kartu kredit adalah sesuatu yang sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Meski memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pembayaran, sudah semestinya kartu kredit digunakan dengan sangat bijak. Menurut seorang ahli keuangan bernama Prita Hapsari Ghozie, pengeluaran maksimal yang ideal untuk membayar cicilan hutang setiap bulan adalah sebesar 30% saja. Cicilan tersebut sudah termasuk cicilan hutang rumah, mobil, dan termasuk kartu kredit. Selain itu, jumlah tersebut juga harus dikeluarkan terlebih dahulu dari penghasilan, baru kita menggunakannya. Usahakan untuk tidak hutang agar penghasilan di bulan berikutnya tidak terkorbankan.

Walaupun sebagian pemegang kartu kredit terjebak dengan tagihan yang menggelembung, alat bayar elektronik ini juga bisa sangat bermanfaat, terutama pada saat – saat yang urgent. Belanja hemat dengan kartu kredit juga menjadi salah satu keuntungan yang sangat menggiurkan bagi setiap nasabah. Agar tidak membuat Anda terlilit hutang, sebaiknya limit kartu kredit ditentukan sebelumnya. Jangan tentukan limit yang lebih besar dari penghasilan maksimal Anda dan jika Anda memiliki lebih dari satu kartu, maka limit total semua kartu juga harus sama dengan penghasilan Anda. Hal ini untuk mencegah ketidak mampuan dalam membayar cicilan. Jadi, Anda tetap bisa belanja hemat dengan kartu kredit tanpa kesulitan membayar cicilan dan bunga yang semakin berkembang. Terakhir, usahakan untuk tidak menyisakan hutang dari cicilan bulan lalu karena sisa ini juga akan berbunga di bulan berikutnya sehingga tagihan kartu kredit Anda akan semakin menumpuk.


Merdeka.com: Berita Terbaru Hari Ini | Pemilu 2014 | Piala Dunia 2014 |

0 comments:

Post a Comment