Pakai Kartu Kredit Tanpa Berternak Hutang

Menggunakan kartu kredit sebagai pengganti alat pembayaran mulai diperkenalkan dan mulai populer di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Pemakainya terus meningkat seiring semakin membaiknya penghasilan dan ekonomi masyarakat. Jika Anda tertarik untuk apply kartu kredit atau bahkan sudah menggunakan kartu ajaib ini selama beberapa waktu, berikut ini adalah beberapa tips belanja hemat dengan kartu kredit agar tidak menjebol keuangan Anda :
  1. Kecuali Anda adalah anak taipan minyak atau anak konglomerat sukses, jangan sekalipun memiliki kartu kredit lebih dari dua. Jika Anda adalah seorang karyawan menengah, dengan memiliki 2 buah kartu saja itu sudah dianggap terlalu berlebihan. Memiliki satu kartu dirasa sangat cukup apalagi jika Anda bisa mengatur nafsu berbelanja dengan baik. Atau Anda bisa mensiasati dengan memiliki satu buah kartu saja namun usahakan dengan limit yang tinggi. Hal ini lebih disarankan dibandingkan memiliki 2 buah kartu dengan limit rendah atau menengah. Dan yang jelas,  1 kartu dengan limit tinggi lebih mudah mengatur dan jelas lebih murah biaya operasionalnya. 
  2. Kebanyakan pemilik kartu akan terjebak untuk membeli barang yang tidak mereka butuhkan. Mereka menggangap bahwa kartu adalah sumber uang yang bisa seenaknya mereka pakai. Mereka lupa bahwa sebenarnya ketika bertransaksi dengan menggunakan kartu, mereka sedang berhutang. Maka sadar dan ingat selalu bahwa ketika Anda bertransaksi dengan kartu, sejatinya Anda sedang berhutang kepada bank. 
  3. Selalu tepat waktu dalam melunasi tagihan kartu Anda. Sesibuk apapun Anda, pastikan untuk selalu melunasi tagihan kartu Anda dengan tepat waktu. Pihak bank biasanya akan memberlakukan denda tertentu bagi keterlambatan pembayaran tagihan yang jumlahnya biasanya tidak sedikit. 
  4. Sebelum apply kartu kredit pastikan Anda tidak menghabiskan belanja dengan kartu lebih dari 30% dari total penghasilan. Buatlah perencanaan keuangan yang matang agar Anda tetap bisa belanja hemat dengan kartu kredit tanpa harus menjebol tabungan atau harus dihantui oleh hutang yang menumpuk. Selamat berbelanja dan pastikan Anda selalu bijaksana dalam setiap transaksi yang akan diambil.

Merdeka.com: Berita Terbaru Hari Ini | Pemilu 2014 | Piala Dunia 2014 |

0 comments:

Post a Comment