Kesalahan – Kesalahan yang Harus Dihindari Pemegang Kartu Kredit


Kartu kredit merupakan alat bayar elektronik yang seakan telah menjadi bagian dari gaya hidup modern orang – orang saat ini, terutama mereka yang hidup di kota – kota besar. Berbagai kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan saat memiliki kartu ini sangat menarik bagi banyak orang sehingga mereka tertarik untuk apply kartu kredit. Namun, menjadi salah satu pemegang kartu kredit justru mengharuskan Anda untuk lebih cerdas dan bijak dalam mengatur keuangan. Gunakan alat bayar elektronik ini dengan sewajarnya dan hindari kesalahan – kesalahan berikut agar Anda tidak terjebak ke dalam lilitan hutang yang tak kunjung terbayarkan.
  • Membayar Tagihan Minimal Saja Setiap Bulan 
Cara pembayaran tagihan seperti ini hanya akan membuat hutang kartu kredit Anda semakin menumpuk karena tagihan minimal memiliki bunga yang sangat besar, yaitu 30 – 50% per tahun.
  • Membayar Tagihan di Waktu yang Melampaui Tanggal Jatuh Tempo 
Tentu saja pembayaran tagihan kartu kredit dengan cara ini akan sangat merugikan diri Anda sendiri karena Anda juga harus membayar penalty dari keterlambatan tersebut.
  • Menjadikan Kartu Kredit sebagai Kartu Debit 
Sebagian pemegang kartu kredit memiliki rencana yang sangat merugikan dirinya sendiri saat apply kartu kredit, yaitu berencana untuk juga menggunakan alat bayar ini sebagai kartu debit. Menarik dana dengan menggunakan kartu kredit bukanlah hal yang dapat memberikan keuntungan melainkan kerugian yang besar. Hal ini karena bunga besar yang akan diberikan pada Anda terhitung dari hari pertama penarikan dana.
  • Belanja Hal yang Tak Perlu dengan Kartu Kredit 
Belanja adalah kegemaran setiap orang, baik pria maupun wanita, dan para nasabah memang sering kali diberikan keuntungan belanja hemat dengan kartu kredit. Namun sebisa mungkin hindari belanja sesuatu yang tidak Anda perlukan karena hanya akan semakin meningkatkan tagihan.
  • Belanja karena Tertarik Diskon Besar atau Kredit dengan Bunga 0% 
Kredit dengan bunga cicilan 0% dan diskon besar yang ditawarkan juga merupakan bagian dari keuntungan belanja hemat dengan kartu kredit. Tapi, lagi – lagi, sebaiknya jangan tergiur untuk berbelanja jika memang barang tersebut tidak Anda butuhkan. Tagihan yang semakin membengkak hingga Anda tak mampu membayarnya hanya akan membuat keuntungan tersebut berubah menjadi kerugian karena ada begitu banyak tagihan yang harus dibayarkan.


Merdeka.com: Berita Terbaru Hari Ini | Pemilu 2014 | Piala Dunia 2014 |

0 comments:

Post a Comment