Tips Agar Kartu Kredit Tidak Menjadi Beban Finansial

Kartu kredit yang berfungsi sebagai alat pembayaran memberikan banyak kemudahan untuk setiap pemegang. Selain itu, berbagai keuntungan seperti belanja hemat dengan kartu kredit menjadikan alat bayar elektronik ini semakin populer dan terkesan harus dimiliki oleh setiap orang yang hidup di zaman modern ini. Namun sayangnya, masih banyak pemegang kartu yang kurang paham tentang bagaimana mereka harus mengontrol penggunaan alat pembayaran ini. Akibatnya, mereka menganggap kartu kredit sebagai alat untuk membayar setiap kali tidak memiliki uang tunai sehingga tagihan menjadi membengkak dan menjadi beban financial baru. Agar semua ini tidak terjadi, ikuti beberapa tips berikut;
  • Buat Daftar Belanja Bulanan
Membuat daftar belanja setiap bulan sangat penting untuk mengetahui apa saja yang Anda butuhkan dan inginkan. Tentu saja semua hal yang dibutuhkan harus menjadi prioritas untuk dipenuhi dan dengan belanja hemat dengan kartu kredit Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih besar. Selain itu, tunda hal – hal yang Anda inginkan agar tidak menjadi pengeluaran tak terduga untuk hal yang tidak penting.
  • Sisihkan Uang untuk Ditabung
Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan menyimpan sisa uang belanja adalah cara yang baik dalam mengatur keuangan dan mencegah masalah financial.
  • Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan
Hal ini merupakan hal penting untuk mengetahui aliran uang dan mengatur anggaran dengan baik.
  • Jangan Terjebak Keuntungan yang Menggiurkan
Pemegang kartu kredit memang sering kali mendapat keuntungan seperti belanja hemat dengan kartu kredit, point reward, cicilan dengan bunga 0%, dan sebagainya. Sebaiknya tidak tergiur semua itu jika barang yang ditawarkan tidak termasuk ke dalam daftar kebutuhan Anda. Jangan sampai hanya untuk mendapatkan keuntungan Anda harus membayar tagihan kartu kredit lebih besar atau pun sulit melunasinya.
  • Pilih Tanggal Jatuh Tempo yang Tepat
Ketika Anda apply kartu kredit, sebaiknya mintalah petugas untuk mengatur tanggal jatuh tempo di akhir bulan. Dengan begitu, ketika gaji di awal bulan sudah diterima, Anda bisa membayar semua hutang kartu kredit secara keseluruhan.
  • Cukup Satu Kartu Kredit Saja
Memiliki satu kartu kredit yang bisa digunakan dimana saja akan lebih baik dari pada apply kartu kredit lebih dari satu. Cara ini akan memudahkan Anda mengatur limit serta mengingat penggunaannya dengan lebih mudah. Selain itu, hentikan pemakaian ketika sudah mencapai 30% dari limitnya. Hal ini untuk mencegah pembengkakan tagihan yang membuat Anda kesulitan membayarnya.


Merdeka.com: Berita Terbaru Hari Ini | Pemilu 2014 | Piala Dunia 2014 |

0 comments:

Post a Comment