Pentingnya Kebijakan dalam Menggunakan Kartu Kredit

Mobilitas, gaya hidup dan kebutuhan berbelanja merupakan serangkaian kegiatan yang tak bisa dielakkan lagi dalam kehidupan modern. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak orang menggunakan kartu kredit, apalagi orang yang hidup di kota besar. Popularitas credit card juga didukung oleh kemudahan untuk mendapatkannya dari berbagai bank. Bahkan saat ini, hampir semua bank menawarkan layanan apply kartu kredit dengan persyaratan yang mudah.


Kartu Kredit dan Keuntungan

Salah satu alasannya adalah kepraktisan. Hanya dengan bermodalkan sehelai kartu, berbelanja dan kebutuhan pangan (bahkan makan di restoran) menjadi lebih praktis. Banyak pusat berbelanjaan telah bekerja sama dengan perbankan untuk menawarkan kemudahan bagi pengunjung. Tentunya, ada hubungan saling menguntungkan antara keduanya. Konsumen bisa berbelanja tanpa uang cash, sementara pusat perbelanjaan diuntungkan dengan tingkat kunjungan yang lebih tinggi.
Alasan kedua adalah faktor keamanan. Cukup bermodalkan sebuah kartu kredit yang nyelip di dompet, anda bisa memenuhi banyak kebutuhan tanpa perlu membahayakan diri dengan membawa banyak uang cash. Ya, kehidupan di kota besar memang selalu identik dengan ancaman keamanan yang lebih tinggi, dan inilah alasan bagi sebagian orang untuk menggunakan kartu kredit.

Kartu Kredit dan Kekurangannya

Selain keuntungan memakai kartu kredit yang telah dipaparkan di atas, layana ini juga membawa resikonya tersendiri. Pertama, si pemakai tidak mampu mengontrol hasratnya untuk berbelanja. Hanya dengan satu frase sederhana, “tinggal gesek…” Semuanya beres, bukan? Akibatnya, tagihan dan pengeluaran melonjak drastis, bahkan hingga melampaui batas kemampuan seseorang untuk membayarnya.
Credit card dapat memberikan kemudahan dan keuntungan jika anda mampu menggunakannya dengan bijak. Misalnya, saat berbelanja tanamkanlah sugesti pada diri sendiri bahwa yang anda pakai merupalkan ‘pinjaman yang nantinya harus anda bayar beserta bunganya. Belanjalah sesuai kapasitas anda dengan melihat besarnya gaji dan pemasukan keuangan anda tiap bulan. Memakai kartu kredit saat berbelanja bukan berarti anda memiliki uang cadangan yang sesungguhnya. Solusinya, lunasi penggunaan kartu kredit sebelum jatuh tempo bulan berikutnya agar tidak dikenal bunga. Sebab, ‘hutang’ yang belum terbayar akan dikenakan bunga pada bulan yang berlaku pada tempo berikutnya.

0 comments:

Post a Comment