Tips Aman Bertransaksi Online Dengan Kartu Kredit (2)

Berbelanja online memang menyenangkan. Pakar keuangan banyak menyarankan untuk berbelanja online menggunakan kartu kredit. Pertimbangannya karena mendukung kenyamanan berbelanja dan mengurangi kemungkinan penipuan atau penyalahgunaan data. Sebab, ketika berbelanja di internet, pembeli diwajibkan untuk memberikan informasi data pribadi yang menyangkut dengan keuangan.

Pembeli yang menggunakan kartu kredit saat berbelanja online diberikan kesempatan untuk mengajukan klaim jika transaksi pembelian dinyatakan tidak sah. Untuk lebih aman lagi, apply kartukredit virtual, sebuah fasilitas yang banyak disediakan oleh kartu kredit. Dengan ini, pembeli tidak perlu memberikan informasi kartu sebenarnya.

Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Kejahatan online yang terjadi di dunia maya tidak hanya berupa penipuan materi saja (misalnya sudah mengirimkan uang tetapi barang tidak dikirim ke pembeli). Melainkan juga pencurian data dalam kartu kredit. Berbagai kejahatan online harus dapat dihindari. Berikut adalah tipsnya:
  • Cek Security Web
Situs belanja online yang terpercaya biasanya berawalan ‘https’. Ini menandakan bahwa situs tersebut memiliki enkripsi yang melindungi data penggunanya.
  • Waspada jika Menggunakan WiFi Public
Kejahatan hacker dan hijacker bisa saja mencari-cari celah lewat pencurian password atau data melalui sarana WiFi publik. Untuk itu, berhati-hatilah.
  • Cermati Alamat Situs Belanja Online
Sebelum memutuskan belanja online di sebuah situs, pastikan dulu bahwa situs tersebut handal dan terpercaya. Jangan sampai belanja ke situs ‘abal-abal’ yang ujung-ujungnya merugikan anda. Terkadang, ada situs palsu yang dibuat mirip dengan situs aslinya (situs hasil kloningan). Untuk memastikannya, cobalah searching di google agar memperoleh informasi lengkap.
  • Waspadai Halaman Redirect
Hal ini terjadi saat calon pembeli sedang mengunjungi sebuah situs. Saat akan melakukan pembayaran malah dialihkan ke situs lain. Nah, setelah memutuskan situs tersebut aman, cek laporan transaksi bulanan untuk memastikan jumlah pengeluaran uang sesuai.

Bisnis belanja online kini semakin tumbuh subur dan berkembang. Jumlah pembeli juga meningkat drastis tahun 2014 karena didukung kemajuan internet dan teknologi. Baik Penggunaan kartu kredit atau yang virtual membuat transaksi belanja online lebih mudah dan praktis. Selamat berbelanja online!

0 comments:

Post a Comment